Heboh Efek Samping Vaksin AstraZeneca, Apa Sih yang Terjadi?

Berita
Views: 43

Guys! Pernah dengar tentang efek samping vaksin AstraZeneca yang lagi rame dibicarakan? Jadi, gini, ada efek samping yang namanya Thrombosis Thrombocytopenia Syndrome (TTS), sebuah kondisi yang terbilang jarang tapi cukup serius karena melibatkan pembekuan darah yang nggak biasa dan penurunan jumlah trombosit.

Apa Itu TTS?

TTS itu terjadi kalo sistem kekebalan tubuh kita kelewat reaktif terhadap vaksin dan mulai nge-attack trombosit, yang bisa memicu pembekuan darah. Kejadiannya sih super jarang, tapi tetap aja perlu diwaspadai.

Kejadian itu akan terjadi saat ada reaksi berlebih dengan kekebalan tubuh pada vaksin. Kemudian akan menyerang trombosit dan memicu pembekuan darah.

Berapa Sih Risikonya?

Mau tau seberapa jarang? Menurut data, risiko TTS setelah suntik vaksin AstraZeneca itu hanya 8,1 kasus per 1 juta dosis. Dan pas dosis kedua, risikonya malah turun jadi 2,3 per 1 juta. Jadi, bisa dibilang, lebih untung kita divaksin daripada nggak karena manfaatnya melindungi kita dari COVID-19 jauh lebih besar dibandingkan risikonya.

Kasus TTS di Indonesia, Gimana?

Ga cuma di luar negeri, efek samping serupa juga ditemukan di Indonesia, guys. Bahkan, AstraZeneca secara resmi ngakuin bahwa vaksin mereka bisa sebabkan pembekuan darah meski sangat jarang terjadi.

Legal Update!

Nah, di Inggris, ada class action lawsuit yang dilayangkan oleh 51 korban yang mengklaim mereka atau keluarganya terdampak parah gara-gara efek samping ini. Bahkan, ada yang cerita kalau ada ayah yang alami kerusakan otak setelah divaksin pake AstraZeneca.

So, What Should We Do?

Kalo kamu baru mau vaksin atau mungkin udah vaksin tapi penasaran, penting buat tau gejala apa aja yang mungkin muncul. Dan paling penting, kalo ngerasa ada yang nggak beres, langsung cus ke dokter, ya!

Walopun ada risiko kecil TTS, manfaat vaksin AstraZeneca dalam melawan COVID-19 itu jauh lebih besar, guys. Jadi, jangan takut untuk vaksin, tapi tetap stay safe dan stay informed!

Mungkin Kamu juga suka

Kenalin Nih, Realme C65: Gadget Baru yang Nggak Bikin Kantong Bolong!
Gelombang Protes Kampus Pro-Palestina: Mahasiswa Dunia Bersuara!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed