Machine Learning vs Deep Learning: Apa Bedanya, sih?

Teknologi
Views: 26

Guys, tau nggak sih kalau sekarang teknologi kecerdasan buatan alias Artificial Intelligence (AI) lagi ngehits banget? Nah, di dunia AI, ada dua istilah yang sering banget muncul, yaitu Machine Learning (ML) dan Deep Learning (DL). Kedengarannya mirip, tapi sebenarnya beda loh!

Apa itu AI?

Sebelum masuk ke ML dan DL, yuk pahami dulu apa itu AI. AI itu harapannya bisa bikin mesin yang bisa “berpikir” sendiri mirip kayak otak manusia. Saat ini, AI banyak dipake untuk bantu menganalisis dan memprediksi hal-hal, seperti milih lagu di Spotify atau rekomendasi barang di Amazon.

Machine Learning: Dasar dari Semua AI

ML itu dasarnya adalah membuat program komputer yang bisa “belajar” dari data yang ada untuk membuat keputusan atau prediksi. Jadi, nggak kayak program biasa yang cuma ngikutin perintah aja. Contoh gampangnya, ML itu kayak lo belajar mengenali wajah teman lo dari berbagai foto yang lo lihat.

Deep Learning: Tingkatan Lanjut dari ML

DL itu subkategori dari ML yang lebih kompleks. DL menggunakan model yang disebut artificial neural networks dengan banyak “lapisan” yang bisa belajar dari jumlah data yang besar. Bayangin aja, DL itu kayak lo belajar dari berbagai buku, artikel, video, sampai lo bisa nyimpulin sesuatu yang kompleks banget.

Perbedaan Utama ML dan DL

Salah satu beda utama antara ML dan DL adalah tingkat “pengawasan” atau supervisi. Dalam ML biasa, seringkali masih butuh bantuan manusia untuk ngelabeli data atau memberi tahu program apa yang harus dicari. Tapi di DL, prosesnya bisa jalan sendiri (unsupervised), jadi bisa nganalisis data mentah yang belum terstruktur tanpa banyak campur tangan manusia.

Kerja Neural Network

Gimana sih cara neural network itu kerja? Jadi, neural network itu punya banyak “node” yang setiap node-nya bisa mengolah informasi. Informasi ini nantinya berpindah dari satu lapisan ke lapisan lainnya dalam jaringan, dan diolah lagi sampai akhirnya menghasilkan output.

Kesimpulan

Jadi, intinya ML itu kayak belajar dasar-dasar, sementara DL itu kayak lo masuk ke pelajaran yang lebih dalam dan kompleks. Keduanya penting dan saling melengkapi dalam membuat AI semakin canggih. Gak heran jika banyak perusahaan teknologi besar seperti Google dan Microsoft tuh lagi berlomba-lomba mengembangkan AI dengan ML dan DL yang makin mumpuni.

Mungkin Kamu juga suka

ChatGPT Sering Salah Jawab Pertanyaan Pemrograman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed