12 Cara Download YouTube Playlist yang Mudah dan Praktis

Teknologi
Views: 159

YouTube telah menjadi salah satu platform streaming terbesar di dunia, dengan jutaan video yang tersedia untuk ditonton dan dinikmati. Namun, terkadang kita ingin mengunduh seluruh playlist video YouTube agar dapat menikmati video-video tersebut secara offline. Jika kamu juga ingin tahu bagaimana cara mendownload YouTube playlist dengan mudah dan praktis, berikut ini adalah 10 cara yang bisa kamu coba.

1. Menggunakan YouTube Downloader

Salah satu cara termudah untuk mendownload YouTube  playlist adalah dengan menggunakan YouTube downloader. Ada banyak alat dan aplikasi yang tersedia secara online yang memungkinkan kamu mengunduh video-video dari playlist dengan cepat. Kamu hanya perlu menyalin URL playlist, memasukkannya ke dalam alat ini, dan memilih opsi download untuk memulai proses pengunduhan.

2. Menggunakan Software Pengunduh

Selain YouTube downloader online, kamu juga bisa mempertimbangkan untuk menggunakan software pengunduh yang telah dirancang khusus untuk tujuan ini. Beberapa software populer seperti 4K Video Downloader, Free YouTube Download, dan WinX YouTube Downloader dapat membantu kamu mengunduh playlist dengan mudah. Cukup instal software tersebut, salin URL playlist, dan pilih opsi download yang sesuai.

3. Menggunakan Plugin Browser

Jika kamu lebih suka menggunakan browser untuk mengunduh playlist YouTube, ada plugin browser yang dapat membantu kamu dalam proses ini. Contohnya adalah plugin seperti Video Downloader professional untuk Google Chrome atau Video DownloadHelper untuk Mozilla Firefox. Setelah menginstal plugin ini, kamu dapat melihat opsi unduh yang muncul saat kamu membuka playlist YouTube di browser.

4. Menggunakan VLC Media Player

VLC Media Player, selain sebagai pemutar multimedia yang populer, juga dapat digunakan untuk mengunduh playlist YouTube. Cukup buka VLC, pilih opsi “Open Network Stream” dari menu “Media”, salin URL playlist YouTube, dan klik tombol “Play”. Kemudian, pilih opsi “Media” lagi, lalu “Convert/Save”, dan tentukan lokasi penyimpanan serta format file yang diinginkan untuk mengunduh playlist.

5. Menggunakan Online Video Converter

Online Video Converter adalah situs web yang memungkinkan kamu mengunduh video dari playlist YouTube tanpa perlu menginstal perangkat lunak tambahan. Kamu hanya perlu membuka situs web, memasukkan URL playlist, memilih format dan kualitas video yang diinginkan, lalu klik tombol “Start” untuk memulai pengunduhan.

6. Menggunakan Command Line

Bagi pengguna yang lebih teknis, mengunduh playlist YouTube juga bisa dilakukan melalui command line atau terminal. Dengan menggunakan perintah youtube-dl di command line, kamu dapat mengunduh playlist dengan mudah. Cukup salin URL playlist, buka terminal, dan ketik perintah youtube-dl diikuti dengan URL playlist untuk memulai proses pengunduhan.

7. Menggunakan Aplikasi Mobile

Jika kamu lebih sering menggunakan perangkat mobile, ada banyak aplikasi yang tersedia di toko aplikasi yang memungkinkan kamu mengunduh playlist YouTube. Aplikasi seperti TubeMate, Snaptube, dan VidMate adalah contoh beberapa aplikasi populer yang dapat membantu kamu dalam mengunduh playlist dengan cepat dan mudah.

8. Menggunakan Fitur Unduh YouTube Premium

Jika kamu merupakan pengguna YouTube Premium, kamu dapat menggunakan fitur unduh resmi dari YouTube sendiri. Dengan berlangganan YouTube Premium, kamu dapat mengunduh playlist secara langsung dari aplikasi YouTube dan menikmatinya secara offline. Ini adalah cara yang mudah dan legal untuk mengunduh video dari playlist YouTube.

9. Menggunakan Plugin WordPress

Jika kamu memiliki situs web WordPress dan ingin mengunduh playlist YouTube secara otomatis, kamu bisa memanfaatkan plugin seperti “YouTubeR” atau “Embed Plus for YouTube”. Plugin-plugin ini memungkinkanmu menampilkan playlist YouTube di situs webmu dan memberikan opsi untuk mengunduhnya. Cukup instal plugin yang diinginkan, tambahkan playlist ke posting atau halaman WordPress, dan beri pengunjungmu kesempatan untuk mengunduh playlist tersebut.

10. Menggunakan IFTTT

IFTTT (If This Then That) adalah platform yang memungkinkanmu mengotomatiskan tugas-tugas berbasis web. Kamu dapat membuat resep (recipe) IFTTT yang akan mengunduh playlist YouTube secara otomatis ketika ada playlist baru yang kamu sukai. Daftar di IFTTT, buat resep baru dengan YouTube sebagai sumber, dan tentukan folder penyimpanan untuk playlist yang akan diunduh.

11. Menggunakan Perangkat Lunak Perekam Layar

Salah satu cara alternatif untuk mengunduh YouTube playlist  adalah dengan menggunakan perangkat lunak perekam layar. Kamu dapat memutar playlist di pemutar YouTube dan merekamnya secara langsung dengan perangkat lunak perekam layar yang tersedia di pasaran.

12. Menggunakan Fitur “Watch Later”

YouTube memiliki fitur “Watch Later” yang memungkinkan kamu menyimpan video atau playlist untuk ditonton nanti. Meskipun ini bukan cara mengunduh playlist secara langsung, kamu masih dapat mengakses konten favoritmu dengan mudah tanpa harus mencarinya kembali.

Nah itulah 12 cara yang berbeda untuk mendownload YouTube playlist . Kamu dapat memilih cara yang paling sesuai dengan preferensi dan kebutuhanmu. Dengan mengikuti cara-cara di atas, kamu dapat menikmati video dari playlist YouTube favoritmu tanpa harus terhubung ke internet. Selamat mencoba!

Mungkin Kamu juga suka

Harga dan Spesifikasi dari 5 HP Xiaomi Terbaru
Cara Menggunakan Shareit: Solusi Cepat untuk Berbagi File

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed