Cara Menggunakan Shareit: Solusi Cepat untuk Berbagi File

Teknologi
Views: 202

Dalam era digital saat ini, berbagi file menjadi kebutuhan sehari-hari bagi banyak orang. Mulai dari foto liburan, video lucu, hingga dokumen penting, kita hanya perlu memindahkan file dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Namun, terkadang proses ini bisa memakan waktu dan menyulitkan, terutama jika file yang ingin kita bagikan memiliki ukuran yang besar. Untungnya, ada solusi praktis yang dapat memudahkan proses berbagi file, yaitu dengan menggunakan Shareit. 

Apa Itu Shareit?

Shareit adalah aplikasi berbagi file yang populer dan telah digunakan oleh jutaan orang di seluruh dunia. Aplikasi ini tersedia untuk berbagai platform, termasuk Android, iOS, Windows, dan Mac. 

Dengan menggunakan Shareit, kamu dapat mentransfer berbagai jenis file, mulai dari foto dan video hingga aplikasi dan dokumen, tanpa perlu koneksi internet. Hal ini membuat Shareit menjadi solusi ideal dalam situasi di mana koneksi internet tidak tersedia atau terbatas.

Cara Menggunakan Shareit

Berikut adalah langkah-demi-langkah cara menggunakan Shareit untuk berbagi file:

1. Unduh dan Instal Shareit

Langkah pertama adalah mengunduh dan menginstal aplikasi Shareit pada perangkat yang ingin kamu gunakan untuk berbagi file.Shareit tersedia secara gratis di Google Play Store untuk perangkat Android dan di App Store untuk perangkat iOS. Jika  kamu ingin menggunakan Shareit pada PC, maka kamu dapat mengunduh versi desktop dari situs resmi Shareit.

2. Buka Shareit dan Pilih ‘Kirim’ atau ‘Terima’

Setelah menginstal Shareit, buka aplikasi tersebut di perangkatmu. Akan muncul tampilan beranda yang sederhana dan intuitif. Di sini, kamu akan melihat dua pilihan, yaitu “Kirim” dan “Terima”. Pilih “Kirim” jika kamu ingin mengirim file dari perangkat atau pilih “Terima” jika kamu ingin menerima file di perangkatmu.

3. Pilih File yang Akan Dikirim

Setelah memilih opsi “Kirim”, kamu akan melihat daftar file yang ada di perangkat. Telusuri dan pilih file yang ingin kamu kirim.Shareit memungkinkan kamu untuk mengirimkan lebih dari satu file sekaligus. Jadi kamu dapat memilih beberapa file jika diperlukan. Setelah memilih file-file tersebut, lanjutkan dengan menekan tombol “Next” di bagian bawah layar.

4. Temukan Penerima

Shareit akan mulai mencari perangkat lain yang terhubung ke jaringan yang sama. Pastikan penerima yang ingin kamu kirimi file juga membuka Shareit di perangkat mereka. Setelah Shareit menemukan perangkat penerima, pilih perangkat tersebut di layar perangkatmu.

 5. Mulai Mengirim File

Setelah memilih penerima, tekan tombol “Kirim” untuk memulai proses pengiriman file. Shareit akan mulai mentransfer file dari perangkatmu ke perangkat penerima. Proses ini akan memakan waktu beberapa detik atau menit, tergantung pada ukuran file yang kamu kirimkan. Kamu dapat melihat kemajuan transfer di layar perangkat.

6. Selesai

Setelah proses transfer file selesai, kamu akan menerima notifikasi bahwa file telah berhasil dikirim. Kamu dapat menemukan file yang telah kamu terima di folder “Shareit” di perangkatmu. Selain itu, kamu juga dapat melihat file-file yang telah kamu terima di layar “Riwayat” di aplikasi Shareit.

Keunggulan Shareit

Shareit memiliki sejumlah keunggulan yang membuatnya menjadi pilihan populer bagi pengguna dalam proses berbagi file. Berikut adalah beberapa keunggulan utama dari Shareit:

1. Kecepatan Transfer Tinggi

Salah satu keunggulan terbesar dari Shareit adalah kecepatan transfer yang sangat tinggi. Dengan menggunakan teknologi Wi-Fi Direct, Shareit mampu mentransfer file dengan kecepatan yang jauh lebih cepat dibandingkan dengan metode transfer file tradisional seperti Bluetooth. Bahkan untuk file berukuran besar, Shareit mampu mentransfernya dalam waktu singkat.

2. Transfer Lintas Platform

Shareit mendukung transfer file lintas platform, sehingga kamu dapat mentransfer file antara perangkat Android, iOS, Windows, dan Mac. Ini memungkinkan kamu berbagi file dengan mudah antara perangkat yang berbeda tanpa hambatan kompatibilitas.

3. Transfer Tanpa Koneksi Internet

Salah satu keunggulan utama Shareit adalah kemampuannya untuk mentransfer file tanpa perlu koneksi internet. Shareit menggunakan koneksi Wi-Fi Direct untuk membuat jaringan langsung antara perangkat pengirim dan penerima, sehingga kamu dapat mentransfer file di mana pun kamu berada, bahkan jika tidak ada akses internet.

4. Bebas dari Batasan Ukuran File

Shareit tidak memiliki batasan ukuran file yang dapat kamu transfer. Kamu dapat mentransfer file dengan ukuran yang sangat besar, seperti video berkualitas tinggi atau koleksi foto, tanpa kehilangan kualitas atau mengompresinya. Ini menjadikan Shareit ideal untuk berbagi file besar yang biasanya sulit dikirim melalui metode tradisional.

5. Antarmuka Pengguna yang Sederhana

Shareit dirancang dengan antarmuka pengguna yang sederhana dan intuitif. Pengguna dapat dengan mudah memahami dan menggunakan fitur-fiturnya tanpa perlu pengaturan yang rumit. Hal ini membuat Shareit menjadi aplikasi yang mudah digunakan oleh siapapun, bahkan oleh pengguna yang tidak terlalu teknis.

6. Keamanan Transfer File

Shareit menyediakan fitur keamanan yang melindungi privasi dan keamanan file yang kamu transfer. Setiap transfer file dilakukan melalui jaringan Wi-Fi Direct yang aman, dan data tidak tersimpan di server pihak ketiga. Ini memberikan kepercayaan tambahan kepada pengguna bahwa file yang mereka transfer tidak akan jatuh ke tangan yang salah.

7. Fitur Lainnya

Selain transfer file, Shareit juga menyediakan fitur-fitur tambahan yang berguna. Misalnya, kamu dapat mengelola file kamu dengan mudah menggunakan file manager bawaan, memainkan musik dan video langsung dari aplikasi, dan bahkan menonton konten online melalui fitur streaming.

Itulah cara menggunakan Shareit untuk berbagi file. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat dengan mudah dan cepat untuk berbagi file antar perangkat dan merasakan semua keunggulan dari aplikasi Shareit ini.

Mungkin Kamu juga suka

12 Cara Download YouTube Playlist yang Mudah dan Praktis
Cara Menggunakan Aplikasi Repost Instagram untuk Berbagi Konten Menarik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed