10 Tips Cara Menulis Supaya Tulisanmu Bagus dan Terstruktur

Tips Tutorial
Views: 42
  1. Beranda
  2. Tips Tutorial
  3. 10 Tips Cara Menulis Supaya Tulisanmu Bagus dan Terstruktur

Menulis adalah salah satu kegiatan yang menyenangkan bagi yang menyukainya. Namun, dalam menulis terkadang kita sering mengalami kebingungan, pasalnya penggunaan bahasa tulisan tentunya berbeda dengan bahasa lisan yang kita gunakan sehari-hari. Selain itu, setiap orang memiliki sudut pandang dan cara membaca yang berbeda. Namun, setidaknya kita bisa meminimalisir hal tersebut, dengan cara menulis artikel yang berbobot dan berstruktur baik. Simak di bawah ini 10 tips cara menulis agar tulisanmu bagus dan terstruktur.

Tips Menulis yang Bagus dan Terstruktur

Berikut 10  tips cara menulis agar tulisanmu bagus dan terstruktur.

1. Pemilihan Judul

Pemilihan judul merupakan hal utama yang sangat penting, agar pembaca bisa dengan mudah menarik kesimpulan. Pastikan judul yang kamu gunakan sesuai dengan isi di dalam artikel, serta gunakan kata-kata yang efektif.

2. Buat Kerangka Tulisan

Setelah menentukan judul yang akan kamu gunakan, langkah selanjutnya adalah membuat kerangka tulisan. Hal ini bertujuan agar tulisan lebih terstruktur dan rapi sehingga mudah untuk dimengerti oleh pembaca. Kerangka tulisan terdiri dari pembuka, isi yang akan dibahas, dan penutup.

3. Gaya Penyampaian

Sebelum menulis pastikan gaya bahasa yang kamu gunakan sesuai dengan tujuan tulisan tersebut diperuntukan untuk siapa? Misalnya kamu menulis yang ditujukan untuk mayoritas anak muda, maka gunakan bahasa yang santai, namun tetap sopan dan mudah dimengerti. Namun, jika tulisan kamu ditujukan untuk profesional, maka gunakan bahasa yang baku dan resmi.

4. Penggunaan Majas

Dalam menggunakan majas di sebuah tulisan atau artikel sebaiknya seperlunya saja. Kamu bisa menggunakan kalimat majas di awal kalimat untuk variasi, namun jangan berlebihan sehingga mengurangi kualitas dari tulisan yang kamu buat.

5. Gunakan Kalimat yang Efektif

Gunakan kalimat efektif dan tidak bertele-tele agar pembaca mudah dan mengerti tentang inti atau isi  dari tulisan yang kamu tulis. Penggunaan kalimat yang bertele-tele akan membuat pembaca bosan dan malas untuk membaca artikel.

6. Letak Tanda Baca

Saat menulis, pastikan kamu sudah menggunakan tanda baca yang tepat. Menempatkan tanda baca yang tepat, dapat membantu pembaca dalam memahami isi dari tulisan yang kamu buat. Sebaliknya peletakkan tanda baca yang kurang tepat, dapat membuat perbedaan persepsi pada pembaca.

7. Huruf Besar dan Kecil

Pada saat menulis, perhatikan juga penulisan huruf besar dan kecil. Perbedaan ukuran huruf dalam tulisan juga akan mempengaruhi persepsi orang pada saat membaca.

8. Kesimpulan

Buat kesimpulan dari apa yang sudah kamu tulis sebagai acuan sudut pandang kamu sebagai penulis. Meski setiap pembaca memiliki kesimpulan masing-masing.

9. Kritik dan Saran

Jangan lupa terima kritik dan saran dari setiap tulisan yang kamu buat. Hal itu akan meningkatkan kualitas tulisanmu .

10.Terima Kasih

Ucapan terima kasih penting untuk disampaikan, dengan tujuan menghormati pembaca yang telah membaca tulisan atau artikel yang kamu buat.

Mungkin Kamu juga suka

5 Rekomendasi Tempat Wisata di Bandung yang Menarik dan Wajib Dikunjungi
7 Cara Sukses Membuat Strategi Social Media Marketing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed

Menu