Arti Minal Aidin Wal Faidin yang Sebenarnya

Lifestyle
Views: 112
  1. Beranda
  2. Lifestyle
  3. Arti Minal Aidin Wal Faidin yang Sebenarnya

Minal aidin wa faidin, kalimat itu tentu saja sering diucapkan oleh umat muslim di Indonesia pada momen Hari Raya Idul Fitri. Akan tetapi, apa arti sebenarnya minal aidin wal faidin ?

Banyak umat muslim Indonesia yang menyangka kalimat itu mempunyai arti mohon maaf lahir dan batin setelah sebulan penuh menunaikan ibadah puasa. Namun nyatanya hal tersebut tidak tepat, jadi apa arti sebenarnya dari kalimat tersebut ? Berikut ini adalah penjelasannya.

Arti Dari Minal Aidin Wal Faidin

Sebenarnya kalimat minal aidin wal faidin adalah potongan dari “ja’alanallahu wa iyyakum minal aidin wal faidin”, yang artinya “Semoga Allah menjadikan kami dan anda sebagai orang-orang yang kembali dan orang-orang beruntung”. Arti kembali yang dimaksud ialah kembali kepada fitrah (suci) pada hari Idul Fitri. Jadi, kalimat minal aidin wal faidin sendiri berarti orang-orang yang kembali dan orang-orang beruntung dan tidak memiliki artian mohon maaf lahir dan batin.

Meskipun artinya bukan mohon maaf lahir dan batin, akan tetapi kalimat tersebut mempunyai arti saling mendoakan kembali kepada hal-hal yang baik antar umat muslim.

Sedangkan ketika pada zaman para sahabat Nabi, saat merayakan hari Raya Idul Fitri dengan mengucapkan kalimat  “taqabbalallahu minna wa minkum”, yang artinya “Semoga Allah menerima amalan aku dan kamu”. Ataupun dengan kalimat “taqabbal yaa kariim, wa ja’alanallahu wa iyyakum minal aidin wal faidin”.

Jadi keseluruhan kalimatnya adalah “taqabbalallahu minna wa minkum taqabbal ya kariim, wa ja’alanallahu wa iyyakum minal aidin wal faidin”, yang artinya “Semoga Allah menerima amalan(ibadah ramadhan) aku dan kamu. Wahai Allah Yang Maha Mulia, terimalah! Dan semoga Allah menjadikan kami dan anda sebagai orang-orang yang kembali dan orang-orang beruntung”.

Sedangkan umat muslim di seluruh dunia biasanya menggunakan kalimat “taqabbalallahu minna wa minkum taqabbal yaa kariim”, sebagai ucapan ke sesama umat muslim saat merayakan hari Raya Idul Fitri. Jadi apabila anda ingin mencontoh para sahabat nabi ketika merayakan hari Raya Idul Fitri maka sebaiknya mengucapkan kalimat tersebut.

Kalimat “taqabbalallahu minna wa minkum taqabbal yaa kariim” sudah menjadi bacaan yang struktur katanya telah sempurna serta mempunyai arti yang benar dan baik. Sekian pembahasan mengenai arti minal aidin wal faidin yang sebenarnya.

Tags:

Mungkin Kamu juga suka

Tanda Malam Lailatul Qadar di Bulan Ramadhan
Bacaan Niat Zakat Fitrah Lengkap dan Doa Menerima Zakat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed

Menu