Aplikasi Al-Quran Terbaik, Apa Aja Sih ?

IslamTeknologi
Views: 112
  1. Beranda
  2. Islam
  3. Aplikasi Al-Quran Terbaik, Apa Aja Sih ?

Pesatnya perkembangan teknologi pada saat ini mempermudah seluruh aktivitas kita, begitu pun dengan ibadah. Salah satunya adalah membaca Al-Quran yang bisa dilakukan melalui aplikasi Al-Quran di smartphone.

Pastinya banyak yang mempertanyakan tentang bagaimana hukumnya memasang aplikasi Al-Quran di smartphone, apakah hal itu dilarang atau tidak ? Jadi berdasarkan keterangan dari para ulama hal tersebut diperbolehkan asalkan tidak membuka aplikasi tersebut di dalam toilet, karena tidak dihukum sebagai mushhaf.

Dengan demikian membaca Al-Quran akan terasa lebih mudah karena dapat di akses melalui aplikasi di smartphone. Sekarang ini banyak aplikasi Al-Quran yang menawarkan beragam fitur, tidak hanya untuk membaca Al-Quran tetapi ada juga yang memberikan jadwal sholat, arah kiblat dan lain sebagainya. Hal ini akan semakin mempermudah kita untuk beribadah. Banyaknya aplikasi tersebut di Play Store pasti akan membuat anda bingung. Nah, dibawah ini akan kami berikan rekomendasi yang bisa digunakan untuk menyempurnakan ibadah anda.

List 5 Aplikasi Al-Quran Terbaik

1. Al-Quran Indonesia

Keuntungan yang dapat diambil penggunanya adalah dapat menghemat kuota internet, karena aplikasi Al-Quran Indonesia ini masih bisa di akses meskipun data internet anda sedang mati. Ada juga beragam fitur yang didapat dalam aplikasi ini, contohnya seperti fitur bookmark, tajwid berwarna untuk mempermudah belajar tajwid, dan MP3 murotal yang bisa didownload serta dapat di putar secara offline.

Pada Al-Quran Indonesia ini juga ada fitur cloud yang otomatis menyimpan bacaan terakhir anda, jadi anda tidak perlu kuatir jika lupa. Ada pula fitur penanda kiblat, jadwal sholat, jadwal imsakiyah serta kalender hijriah yang akan mempermudah ibadah anda. Untuk aplikasinya dapat diunduh melalui link ini

2. Umma

Aplikasi Umma ini merupakan buatan anak dalam negeri, lho. Di aplikasi ini tidak hanya ada fitur membaca Al-Quran saja. Umma juga menghadirkan fitur jadwal sholat dan arah kiblat yang bisa disesuaikan dengan lokasi anda. Ada juga panduan hukum tajwid yang akan semakin mempermudah kita belajar bacaan tajwid.

Aplikasi Umma ini juga sudah dilengkapi dengan fitur mesin pencari surah dan jus yang spesifik. Bahkan ada fitur bookmark yang dapat menandai bacaan terakhir kita. Untuk aplikasinya dapat diunduh melalui link ini

3. Quran Best

Fitur dalam Quran Best ini cukup lengkap, mulai dari terjemahan dan tafsir, mesin pencari, bookmark serta murotal yang dapat dinikmati. Di dalam aplikasi ini juga menyediakan mode gelap atau terang yang dapat dipilih.

Tak hanya itu Quran Best juga menghadirkan fitur podcast islami, grup ngaji, serta fitur chatting antar penggunanya. Menarik sekali bukan aplikasi buatan anak negeri ini. Untuk aplikasinya dapat diunduh melalui link ini

4. Al-Quran (Tafsir & by Word)

Selanjutnya adalah Al-Quran (Tafsir & by Word) yang menyediakan tafsir dan terjemahan lebih dari 35 bahasa, termasuk juga Bahasa Indonesia di dalamnya. Dalam aplikasi ini memang hanya dikhususkan untuk membaca Al-Quran.

Fitur di dalam aplikasi ini cukup lengkap, seperti pemutar murotal MP3 30 juz dari 30 qori. Pada fitur ini pengguna dapat memutar ulang MP3 untuk memudahkan menghafal Al-Quran. Untuk aplikasinya dapat diunduh melalui link ini

5. Aminin 

Aplikasi Al-Quran Terbaik selanjutnya adalah Aminin yang dibuat oleh orang Indonesia. Di dalamnya menampilkan surah-surah Al-Quran yang dikemas dengan tampilan warna-warni menarik bagi penggunanya. Surah-surah di dalamnya pun bisa di putar untuk mendengarkan lantunan ayatnya.

Fitur lainnya yang ada dalam Aminin adalah terjemahan dan tafsir, bookmark, note taking serta diskusi interaktif dengan para ustadz yang dapat menambah ilmu kita tentang Islam. Ada pula fitur tajwid yang bisa membantu belajar bacaan tajwid. Untuk aplikasinya dapat diunduh melalui link ini

Mungkin Kamu juga suka

Rekomendasi 4 Pendakwah Terbaik Dari Barat
Penemuan Kapal Nabi Nuh, Fakta Menarik di Dalamnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed

Menu