Fanwar K-pop yang Pernah Viral di Indonesia

Netizen
Views: 65
  1. Beranda
  2. Netizen
  3. Fanwar K-pop yang Pernah Viral di Indonesia

Umumnya penggemar K-Pop akan bergabung dalam satu fandom idola yang menjadi sebuah kebanggaan bagi mereka. Saking bangganya terhadap idola mereka, maka tak jarang perselisihan antar fandom atau fanwar sering terjadi termasuk di Indonesia. Berikut beberapa fanwar yang pernah ramai dibahas oleh netizen Indonesia.

SNSD, Super Junior dan TVXQ

Fanwar yang sempat heboh dan jadi perbincangan netizen Indonesia adalah saat SNSD mengalami black ocean di acara Dream Concert pada 2008 silam. Saat grup ini muncul dan menyanyikan lagu “Into The New World” maka aksi black ocean dimulai hingga membuat acara yang begitu megah menjadi sunyi dan gelap. Hal ini dipicu karena fandom Super Junior dan fandom TVXQ. Mereka mengaku tidak suka jika anggota SNSD menjalin kedekatan dengan anggota Super Junior dan TVXQ.

EXO dan BTS

Fandom EXO atau yang biasa disebut EXO-L sering terlibat fanwar dengan fandom BTS atau Army. Fanwar ini sering terjadi dari tahun 2015 hingga saat ini. Kedua fandom ini sering menyerang melalui berbagai komentar dan unggahan di media sosial. Sampai saat ini masih belum jelas yang menjadi pemicu awal terjadinya fanwar tersebut. Meski fanwar ini masih terus berlangsung, namun kenyataanya kedua grup idol tersebut menjalin hubungan pertemanan yang cukup dekat. Hal ini juga menjadi salah satu fanwar yang ramai dibahas oleh netizen Indonesia.

BTS dan GOT7

Hampir sama dengan kasus fanwar BTS dan EXO, fandom BTS atau yang disebut Army beradu argumen melalui media sosial dengan iGOT7 yang merupakan fandom GOT7. Hal ini dipicu karena Army kerap memberikan tuduhan tentang GOT7 yang menjiplak konsep lagu BTS. Tentunya hal ini tidak diterima oleh iGOT7, dan menimbulkan fanwar diantara dua fandom tersebut. Padahal anggota BTS dan anggota iGOT7 selalu tampil kompak dan berteman baik, namun para fandom mereka saling menyerang.

H.O.T dan Sechs Kies

Fanwar H.O.T dan Sechs Kies merupakan salah satu fanwar tersengit yang ramai dibahas oleh netizen Indonesia. Kepopuleran H.O.T dan Sechs Kies selalu menjadi ajang perbandingan bagi masing-masing fandom. Umumnya fanwar sering terjadi di dunia maya, namun fanwar H.O.T dan Sechs Kies terjadi secara tatap muka sampai terlibat pertikaian fisik. Akibat fanwar tersebut kedua grup ini menjadi canggung dalam kehidupan nyata.

EXO dan BIGBANG

Fanwar terakhir yang ramai dibahas oleh netizen Indonesia adalah EXO dan BIGBANG. Fandom kedua grup ini berselisih argumen tentang lagu siapa yang paling populer, hingga menjadikannya fanwar di kolom komentar media sosial.

 

Mungkin Kamu juga suka

Mengenal Apa Itu Cancel Culture, Aksi Netizen dan Dampak Buruknya
5 Tips Sukses Wawancara Kerja dan Apa Saja yang Ditanyakan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed

Menu